Tim KKN Literasi Kelompok 188 Universitas Sebelas Maret Dorong Budaya Literasi dan Kreativitas Visual di SD N Majaksingi melalui Proyek Pojok Baca dan Mural Edukatif
Magelang, 5 Agustus 2025 — SD Negeri Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, mendapat sentuhan semangat baru dalam dunia pendidikan dasar melalui kegiatan penguatan literasi dan proyek mural pojok baca yang digagas oleh Tim KKN Literasi Kelompok 188 Universitas Sebelas Maret (UNS). Program ini dilaksanakan selama hampir satu bulan, mulai 14 Juli hingga 4 Agustus 2025, menyasar penguatan budaya membaca dan penataan visual yang inspiratif di Perpustakaan Sekolah serta ruang kelas 1 dan 2.
Kegiatan literasi dilaksanakan setiap hari Selasa hingga Kamis selama dua pekan, tepatnya pada 15–17 Juli dan 22–24 Juli 2025. Mahasiswa menyelenggarakan berbagai program menarik seperti kegiatan “Read Me a Book” dan mengulas isi buku bersama siswa, membaca nyaring dan lantang, serta pendampingan menulis cerita berdasarkan pengalaman siswa selama mengikuti program bermain dan berliterasi bersama Tim KKN Literasi Kelompok 188 UNS. Tak hanya itu, juga diadakan lomba mewarnai untuk siswa kelas 1–3 dan lomba membaca puisi untuk siswa kelas 4–6 sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan partisipasi aktif mereka selama berkegiatan.
Gambar 1. Kegiatan Bermain dan Berliterasi
Sementara itu, proyek mural edukatif dimulai dengan kegiatan Jumat Bersih dan pembersihan area mural bersama siswa dan guru, sebelum Tim KKN membuat sketsa desain mural yang kemudian diwarna bersama oleh para siswa. Proyek ini dilakukan di tiga lokasi utama, yaitu perpustakaan, ruang kelas 1, dan ruang kelas 2. Finishing mural diselesaikan oleh tim mahasiswa sebagai bagian akhir dari karya kolaboratif tersebut. Mural-mural ini tidak hanya memperindah ruang belajar, tetapi juga menghadirkan nuansa belajar yang lebih menyenangkan, memikat, dan membangkitkan rasa ingin tahu anak terhadap literasi.
Gambar 2. Proyek Mural Perpustakaan dan Pojok Baca Kelas 1 dan 2
Program ini mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah. Kepala SD N Majaksingi, Ibu Indah, mengapresiasi kegiatan ini karena mampu menumbuhkan inspirasi di kalangan siswa dalam waktu yang relatif singkat. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini telah memberikan pengalaman positif bagi siswa dalam bersikap dan berperilaku, serta berharap hasil kegiatan ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan. Wali kelas 1, Ibu Tata, mengungkapkan bahwa metode yang digunakan oleh mahasiswa sangat menyenangkan dan bermakna, bahkan mampu mengungkap potensi siswa yang sebelumnya tidak terlihat. Sementara itu, wali kelas 2, Ibu Diah, menyampaikan bahwa mural yang dihadirkan mampu menambah kesan estetik di kelas dan meningkatkan minat baca siswa, sekaligus memperkaya metode pembelajaran membaca di kelas.
Gambar 3. Apresiasi Literasi SD N Majaksingi
Sebagai bentuk refleksi dan evaluasi, pihak sekolah juga memberikan saran agar mahasiswa terus menggali dan memaksimalkan potensi diri, serta tetap menjunjung tinggi semangat adaptasi terhadap lingkungan sekolah. “Sudah sangat baik, tetapi akan lebih optimal jika bakat dan minat siswa terus dieksplorasi lebih dalam,” demikian salah satu catatan evaluatif yang disampaikan.
Program penguatan literasi dan mural pojok baca ini menjadi bagian dari kontribusi nyata mahasiswa dalam mendukung pengembangan sekolah ramah anak serta memperkuat pendidikan berbasis literasi di tingkat dasar. Melalui kolaborasi aktif dengan warga sekolah, Tim KKN Literasi Kelompok 188 UNS berhasil menciptakan ruang baca yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi tumbuhnya semangat belajar dan membaca sejak dini.